Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Sosialisasi UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, khususnya bagi orang miskin di LPKA Mataram (Selasa, 17 November 2015)

(Selasa, 17/10/15), Rombongan Biro Hukum bersama Gravitasi Mataram sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum yang telah terakreditasi oleh pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Ham, mengadakan sosialasi tentang adanya kesempatan Bantuan Hukum bagi orang miskin atau kelompok orang miskin secara gratis, bertempat di LPKA Mataram yang dihadiri oleh seluruh Staf dan Anak didik pemasyarakatan.

Yudi selaku kepala  biro pelayanan hukum Kanwil. Kemenkumham NTB didampingi oleh Seli Sumbiring selaku ketua dari organisasi tersebut memaparkan tentang aturan perundang-undangan yang baru yaitu UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Beliau memaparkan bahwa “Kita sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum (OBH) bekerja sama dengan Kantor Wilayah Hukum & Ham telah aktif dalam melaksanakan program pemerintah yang baru ini dengan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang berhadapan dengan hukum, namun kurang mampu secara financial dengan hanya melampirkan surat keterangan tidak mampu atau dengan Jamkesmas kepada OBH, kemudian kami akan mengurus perkara tersebut hingga tuntas, karena seluruh biaya tersebut telah ditanggung oleh Pemerintah, melalui sistem yang ada” pangkas Seli.


Acara tersebut berlangusng menarik karena dilanjutkan dengan sesi tanya jawab tentang hal-hal yang masih belum jelas dan permasalahan yang sering terjadi dilapangan namun tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang telah barlaku. Beliau menyampaikan bahwa “Kami tidak memungkiri bahwa banyak oknum-oknum dari rekan-rekan yang berprofesi sama dengan kami, namun kami sebagai OBH yang telah terakreditasi berusaha professional dalam menjalankan setiap tugas kami sebaik mungkin, apabila terjadi hal-hal yang tidak berkenan anda bisa laporkan ke Kanwil. Kemenkumham selaku pengawas kami dilapangan” pangkasnya.



Pengarahan oleh Kalapas dan Narasumber


Penyampaian presentasi dari ketua Organisasi Badan Hukum Gravitasi Mataram



Anak didik mencoba menyampaikan permasalahan hukum yang dialaminya, dan meminta solusi kepada OBH Gravitasi Mataram

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEPALA LPKA LOMBOK TENGAH

KEPALA LPKA LOMBOK TENGAH
AKHMAD ZAENAL FIKRI A.Md.IP.SH

KUNJUNGI JUGA

HALAMAN FACEBOOK

Postingan Populer

LAYANAN PENGADUAN

INSTAGRAM LPKA LOTENG

LINK TERKAIT

Flag Counter