Lembaga Pembinaan Khusus Anak

LPKA Mataram menerima kunjungan belajar dari PKBI Indonesia dan kepala LPKA Se-Indonesia (Selasa, 19 Januari 2016)

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Mataram menerima kunjungan dan sekaligus menjadi tuan rumah dalam kegiatan program peduli yang diadakan oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, serta beberapa LPKA di Indonesia, Selasa (19/01). Kunjungan 32 peserta dari berbagai lembaga ini dalam rangka meningkatkan pemahaman UU SPPA sebagai pelaksana program dan pemahaman pola pembinaan ABH di LPKA Mataram, yang dinilai telah berhasil dalam membina dan mendidik ABH serta menjadi contoh untuk LPKA lain yang ada di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Subiyantoro selaku Kepala Divisi Pemasyarkatan NTB yang mewakili Kepala Kanwil NTB. ia pun memberikan apresisasi kepada seluruh lembaga dan LPKA se-Indonesia atas kunjungan belajar ke LPKA Mataram.

"Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan bapak-ibu sekalian, karena telah memilih LPKA Mataram sebagai tuan rumah sekaligus contoh bagi LPKA seluruh Indonesia, Kami sangat terbuka dengan pembinaan terhadap ABH, sehingga bisa menanyakan kiranya apa yang diperlukan," kata Subiyantoro dalam sambutanya.

Dalam kesempatan yang sama, Faozul Ansori yang merupakan Kepala LPKA Mataram memaparkan selayang pandang sekaligus pola pembinaan serta lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan LPKA Mataram, sehingga bisa menjadi LPKA percontohan di Indonesia kepada para peserta.

"Di LPKA Mataram kami telah menjalin MoU dengan berbagai instansi sehingga, hal tersebut memudahkan kami dalam berimprovisasi dalam berbagai ajang pembinaan anak didik dan menerima bantuan yang berarti untuk pendidikan mereka" jelas Faozul Anshori.

Chatariana Wahyurini, Direktur Eksekutif PKBI Indonesia, menjelasakan bahwa kunjungan belajar ini dimaksudkan untuk menjadi wadah bagi para peserta untuk mempelajari substansi UU SPPA No. 11 Tahun 2012 sekaligus mempelajari pola, teknik dan fasilitas yang ada di LPKA Mataram dalam rangka membina ABH di NTB. Para peserta pada kegiatan tersebut juga ikut memberikan pertanyaan dan tanggapan pada seksi acara forum tanya jawab kepada Narasumber, setelah itu para peserta diajak untuk mengelilingi area LPKA Mataram untuk melihat area pondok hunian dan fasilitas yang ada.

Acara kemudian tersebut berlangsung selama 3 hari, dan acara selanjutnya dilanjutkan di tempat yang berbeda dengan menghadirkan ex ABH yang telah bebas sebagai testimonial hasil pembinaan di dalam LPKA Mataram, sekaligus membahas substansi tentang permasalahan ABH yang ada didalam LPKA Mataram.


Diskusi umum mengenai teknik pembinaan ABH di LPKA Mataram


Pemberian Plakat Penghargaan PKBI kepada kepala LPKA Mataram


Kasubsi Pembinaa menerangkan ragam program pembinaan anak didik


Peserta melihat-lihat kondisi pondok hunian anak didik yang ramah anak


Foto bersama peserta dan narasumber dihalaman LPKA Mataram

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEPALA LPKA LOMBOK TENGAH

KEPALA LPKA LOMBOK TENGAH
AKHMAD ZAENAL FIKRI A.Md.IP.SH

KUNJUNGI JUGA

HALAMAN FACEBOOK

Postingan Populer

LAYANAN PENGADUAN

INSTAGRAM LPKA LOTENG

LINK TERKAIT

Flag Counter